Day 2_pelaksanaan kegiatan training workshop Sistem Inventarisasi Emisi GRK dan Sistem Perdagangan Emisi di Sektor Pembangkitan Tenaga Listrik dan Industri

20 Feb

Day 2_pelaksanaan kegiatan training workshop Sistem Inventarisasi Emisi GRK dan Sistem Perdagangan Emisi di Sektor Pembangkitan Tenaga Listrik dan Industri

Jakarta (200219)_Hari kedua dari tiga hari pelaksanaan kegiatan training workshop Sistem Inventarisasi Emisi GRK dan Sistem Perdagangan Emisi di sektor pembangkitan tenaga listrik dan industri ini dihadiri oleh sekitar 60 peserta dari Kementerian Lembaga/ Asosiasi dan Industri terkait.

Mengangkat tema mengenai penyelenggaraan system inventarisasi emisi grk dan monitoring-reporting dan verification (MRV), sesi ini menghadirkan perwakilan dari KLHK, KESDM dan Kementerian Perindustrian, yang menyampaikan mengenai sistem pelaporan emisi grk yang diberlakukan untuk sektor pembangkitan listrik dan industri. Masing-masing narasumber menyampaikan kebijakan, tatacara, tools dan kesenjangan yang masih ada.

Emmy Suryandari, Kementerian Perindustrian memaparkan mengenai sistem informasi industri nasional (SIINAS) khususnya terkait dengan emisi GRK dimana saat ini pada system tersebut telah diintegrasikan Sistem Informasi Monitoring Gas Rumah Kaca (SIM-GRK). SIINAS ini bertujuan dalam rangka penyediaan data dan informasi industri yang akurat lengkap dan termutakhir serta mempermudah pihak industri dalam proses penyampaian data laporan kepada pihak pemerintah berdasarkan Undang-undang No.3/2014 tentang perindustrian dengan turunan PP 2/2017 tentang sarana dan prasarana industri sebagai landasan pembentukan SIINAS (peraturan menteri perindustrian tentang pengelolaan).

Benhur L. Tobing, Ditjen. Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM menyampaikan mengenai Aplikasi Penghitungan dan Pelaporan Emisi Ketenagalistrikan (APPLE – Gatrik) di Kementerian ESDM dengan mengacu pada Pedoman Penghitungan dan Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK Sub Bidang Ketenagalistrikan dan telah mulai dioperasikan sejak Agustus 2018.

Akmayeni, KLHK memaparkan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan 
(PROPER) di KLHK yang bertujuan mendorong ketaatan industri terhadap peraturan di bidang lingkungan hidup.

Turut memberikan paparan, pakar di sektor energi dan industry, Chalid Bafagih, menyampaikan mengenai langkah-langkah inventarisasi, validasi dan verifikasi emisi GRK berdasarkan SNI ISO 14060.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenko. Perekonomian dan didukung oleh PMR Indonesia ini rencananya akan dilaksanakan sampai dengan esok 21 Februari 2019 di Jakarta.

Write a Reply or Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.