Pertemuan Pembahasan Ujicoba Sukarela Mekanisme Mitigasi Berbasis Pasar

04 Mar

Pertemuan Pembahasan Ujicoba Sukarela Mekanisme Mitigasi Berbasis Pasar

 

Jakarta (04/02/19)_Indonesia telah menyampaikan komitmen yang tertuang dalam Nationally Determined Contribution (NDC) kepada UNFCCC pada bulan November 2016, komitmen dimana pemerintah Indonesia menyepakati penurunkan emisi GRK Indonesia sebesar 29% di bawah tingkat Business-as-Usual (BAU) pada tahun 2030 dengan upaya sendiri dan ditingkatkan kontribusinya sampai 41% dibawah BAU dengan dukungan internasional. Anggaran negara tidak akan dapat membiayai seluruh aksi mitigasi untuk penurunan emisi gas rumah kaca tersebut, berbagai upaya sedang dilakukan pemerintah untuk melibatkan semua pihak, termasuk swasta/masyarakat (non-party stakeholders) untuk turut melakukan aksi mitigasi penurunan emisi GRK. Untuk itu diperlukan kebijakan pemerintah untuk melibatkan berbagai pihak dalam pemenuhan target NDC.
 
Partnership for Market Readiness (PMR) Indonesia bersama KLHK mengadakan pertemuan dengan Pokja Instrumen Berbasis Pasar guna mendiskusikan elemen-elemen yang perlu disiapkan untuk pelaksanaan ujicoba sukarela pasar karbon domestik yang akan segera dilaksanakan.
 
Ujicoba sukarela ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan kapasitas industri dalam memantau dan melaporkan emisi GRK-nya, meningkatkan kapasitas pemangkukepentingan dalam memverifikasi laporan emisi GRK serta meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan dalam pemanfaatan instrumen berbasis pasar untuk pengendalian perubahan iklim.

Write a Reply or Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.