PMR Indonesia bersama Ditjen. Ketenagalistrikan, ESDM Adakan Pertemuan Verifikasi dan Validasi Pelaporan Emisi GRK Sektor Ketenagalistrikan melalui APPLE-GATRIK

08 Agu

PMR Indonesia bersama Ditjen. Ketenagalistrikan, ESDM Adakan Pertemuan Verifikasi dan Validasi Pelaporan Emisi GRK Sektor Ketenagalistrikan melalui APPLE-GATRIK

Jakarta (16/05/19)_Dalam rangka pengembangan sistem Monitoring Reporting dan Validasi (MRV) sub sektor pembangkitan tenaga listrik berbasis online yang saat ini sedang dikembangkan, PMR Indonesia bersama dengan Ditjen. Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM laksanakan pertemuan untuk validasi dan verifikasi laporan emisi Gas Rumah Kaca melalui Aplikasi Penghitungan dan Pelaporan Emisi Ketenagalistrikan berbasis Web (APPLE-GATRIK) tahun 2018.

Penguatan sistem MRV diyakini menjadi prasyarat untuk memastikan laporan, emisi GRK yang disampaikan akurat, berkualitas dan konsisten.  Demi meningkatkan upaya-upaya mitigasi perubahan iklim, hal ini dapat membantu pemerintah untuk pengembangan opsi kebijakan berbasis pasar yang efektif yang dapat membantu mitigasi perubahan iklim di Indonesia.

Pertemuan selama dua hari ini (16-17 Mei 2019) ini dilaksanakan di Jakarta dan dihadiri oleh staff di lingkungan Direktorat Teknis dan Lingkungan, Ditjen. Gatrik, Kementerian ESDM, Partnership for Market Readiness (PMR) Indonesia serta konsultan.  Pertemuan focus memverifikasi laporan emisi gas rumah kaca yang sudah dilaporkan oleh unit pembangkit listrik melalui APPLE-Gatrik serta membahas temuan verifikasi serta tindak lanjutnya.

Write a Reply or Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.