PMR Indonesia Bersama Lintas Kementerian Terkait Adakan Pembahasan Konsep Pemberian Penghargaan dalam Rangka Mitigasi Pengendalian Perubahan Iklim di Sektor Ketenagalistrikan

25 Jul

PMR Indonesia Bersama Lintas Kementerian Terkait Adakan Pembahasan Konsep Pemberian Penghargaan dalam Rangka Mitigasi Pengendalian Perubahan Iklim di Sektor Ketenagalistrikan

Jakarta (02/05/19)_Dalam rangka pengendalian perubahan iklim PMR Indonesia bersama dengan Kementerian ESDM sedang mengembangkan pengembangan mekanisme sukarela (voluntary) Penghargaan Pengendalian Emisi GRK atau disingkat PPEGRK untuk sektor ketenagalistrikan.

Pertemuan satu hari ini dilaksanakan di Jakarta, dibuka oleh Benhur P. L. Tobing mewakili Direktur Teknik dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM.  Dalam pembukaannya ia menyampaikan ‘mekanisme ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan non-party stakeholder (NPS) atau pihak non pemerintah dalam aksi mitigasi perubahan iklim, sekaligus memfasilitasi pengembangan instrumen ekonomi lingkungan hidup untuk mitgasi perubahan iklim.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mendiskusikan konsep serta kriteria PPEGRK di sektor ketenagalistrikan, harapannya dengan pertemuan ini akan memperkaya konsep yang telah dikembangkan.

Dalam paparannya, Wahyu Marjaka, Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral dan Regional, Ditjen. PPI, KLHK yang juga selaku Ketua Kelompok Kerja Instrumen Berbasis Pasar (IBP) memaparkan pengantar terkait program PPEGRK.  Sebagaimana diketahui, selama ini sebanyak 40 unit pembangkitan listrik telah melakukan pelaporan emisi tahun 2018 kepada Ditjen. Gatrik.  Dalam tahap piloting nantinya, pendaftaran akan dibuka secara umum (sesuai dengan keiktsertaan yang ditentukan) dan bersifat voluntary (sukarela).

Nilai cap yang telah ditetapkan dengan koordinasi Ditjen. Gatrik dan PT. PLN (persero) berdasarkan data inventarisasi emisi GRK tahun 2017, nantinya akan diterapkan menjadi menjadi kriteria dalam mekanisme PPEGRK di sektor ketenagalistrikan.

Untuk implementasinya, Ditjen. Gatrik nantinya akan menyaring peserta dari sektor ketenagalistrikan sejumlah 40 unit pembangkitan listrik untuk mendaftar di program PPEGRK secara sukarela dengan basis data tahun 2018.

Write a Reply or Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.