PMR Indonesia dan Kemenko. Perekonomian Adakan Training Workshop Sistem Inventarisasi Emisi GRK dan Sistem Perdagangan Emisi untuk Sektor Pembangkitan Tenaga Listrik dan Industri

19 Feb

PMR Indonesia dan Kemenko. Perekonomian Adakan Training Workshop Sistem Inventarisasi Emisi GRK dan Sistem Perdagangan Emisi untuk Sektor Pembangkitan Tenaga Listrik dan Industri

Jakarta (19/02/2019)_Partnership for Market Readiness (PMR) Indonesia bersama dengan Kemenko. Perekonomian selenggarakan training workshop Sistem Inventarisasi Emisi GRK dan Sistem Perdagangan Emisi di Sektor Pembangkitan Tenaga Listrik dan Industri, hadir dalam kegiatan ini 60 peserta yang berasal dari perwakilan Kementerian/Lembaga dan perwakilan perusahaan/industri/asosiasi di sektor pembangkitan listrik dan industri, yang melakukan validasi dan verifikasi emisi GRK di sektor masing-masing. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan selama 3 hari 19-21 Februari 2019 di Jakarta.

Hari pertama kegiatan workshop dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup, Dida Gardera.  Dalam sambutannya ia menyampaikan harapannya terhadap peserta dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu adanya pemahamanterkait perhitungan emisi GRK berdasarkan Peedoman IPCC 2006, adanya pemahaman terkait penyelenggaraan sistem inventarisasi emisi GRK dan MRV ditingkat fasilitas dan sektor, baik berdasarkan kebijakan nasional yang ada saat ini maupun standar SNI ISO 14064, peningkatan kapasitas pemangku terkait perencanaan dan penyelenggaraan sistem perdagangan emisi serta terinformasi terkait penyelenggaraan inventarisasi GRK dan sistem perdagangan emisi di berbagai negara.Data yang berkualitas ini memerlukan suatu sistem yang meliputi tata cara pemantauan/pengumpulan data, perhitungan, pelaporan dan pengendalian/penjaminan mutu. Tanpa data yang berkualitas, implementasi pembatasan emisi (cap) ataupun sertifikasi hasil penurunan emisi tidak dapat dilakukan, imbuhnya.

Hadir sebagai narasumber Retno Gumilang Dewi, ITB menyampaikan Pedoman Umum dan Pelaporan tentang Inventarisasi Emisi GRK Nasional (IPCC, 2006).  Sesi selanjutnya beliau menyampaikan mengenai tata cara penghitungan emisi GRK untuk sumber limbah. Penghitungan emisi GRK untuk sumber Energi dan IPPU juga turut disampaikan dihari pertama pelatihan ini.

Write a Reply or Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.