Program

PMR Indonesia mendukung aksi mitigasi perubahan iklim melalui peningkatan kapasitas dan inovasi pendanaan perubahan iklim. Program PMR Indonesia berfokus pada sub sektor pembangkitan listrik dan industri lahap energi.

  • Penyusunan profil dan baseline emisi
  • Ujicoba sistem MRV
  • Pengembangan instrumen berbasis pasar
  • Pengembangan sistem MRV

Hubungan antar keluaran program PMR Indonesia

Data yang akurat dan bisa dipercaya merupakan kebutuhan absolut bagi perancangan instrumen berbasis pasar yang tepat untuk mendukung aksi mitigasi perubahan iklim.

PMR Indonesia mengusung program pengembangan profil dan baseline emisi dalam upaya memperoleh informasi yang lebih baik tentang profil emisi, potensi mitigasi hingga aspek pembiayaannya. Paket informasi ini menyediakan tingkat ketepatan yang lebih baik bagi tim PMR Indonesia untuk menetapkan target/baseline emisi yang akan digunakan sebagai pertimbangan perancangan instrumen berbasis pasar.

Instrumen berbasis pasar dirancang untuk secara efisien memberikan insentif pada kegiatan mitigasi perubahan iklim yang nyata, additional dan permanen.

Upaya ini menuntut adanya data aktual yang valid tentang tingkat konsumsi energi, efisiensi energi dan emisi yang berhasil dikurangi yang akan memungkinkan berjalannya sistem pemantauan dan pelaporang dengan tingkat keyakinan lebih tinggi. Untuk itu, program PMR Indonesia mengembangkan sistem pemantauan, pelaporan dan verifikasi dan mengujicobakannya pada sistem jaringan listrik JAMALI dan sub sektor industri terpilih lainnya.