Sosialisasi Hasil Kegiatan Program PMR Indonesia

23 Apr

Sosialisasi Hasil Kegiatan Program PMR Indonesia

Jakarta (16/04/19)_Deputi Bidang Koordinasi Energi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Kemenko. Perekonomian didukung mitra pembangunan, Partnership for Market Readiness (PMR) Indonesia adakan kegiatan Sosialisasi Hasil Kegiatan Program PMR Indonesia.

Montty Girriana, Deputi Bidang Koordinasi Energi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Kemenko. Perekonomian, dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari pertemuan ini adalah mensosialisasikan dan membahas progress dan pencapaian program PMR Indonesia, mendiskusikan harmonisasi kegiatan dan juga membahas SOP dan langkah selanjutnya.

Ia menyampaikan, sejak kick-off meeting pada 1 Maret 2017, program PMR telah menyelesaikan 3 komponen utama, yaitu 1) Penyusunan dan pengembangan profil emisi GRK untuk sektor pembangkit dan industry; 2) pengembangan system MRV; 3) penyiapan/pelaksanaan pilot MRV.  Sedangkan yang masih berjalan saat ini adalah pengembangan opsi-opsi instrument berbasis pasar yang akan dilanjutkan dengan pelaksanaan pilot di 2 sektor, yaitu penetapan cap di sektor pembangkit listrik dan sektor semen. Untuk dapat mendukung pelaksanaan uji coba ETS (Emission Trading System) diperlukan pembatasan (Cap) emisi gas rumah kaca atau pembatasan jumlah emisi GRK untuk sektor pembangkit dan sektor semen. Montty berharap, hasil studi dan kegiatan yang telah dihasilkan Program PMR ini nantinya dapat dimanfaatkan dan menjadi rekomendasi penyusunan kebijakan lebih lanjut dan implementasi perdagangan karbon.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan dari Kementerian Perindustrian mewakili Ketua Pokja Industri, Perwakilan dari Kementerian ESDM mewakili Ketua Pokja Pembangkit dan Utusan Khusus Presiden (UKP) Bidang Perubahan Iklim mewakili Ketua Pokja Instrumen Berbasis Pasar, menyampaikan perkembangan kegiatan program PMR, serta PLN, perwakilan dari asosiasi industri dan private sector turut hadir dan memberikan masukan.

 

Write a Reply or Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.