Tentang

Tentang Partnership for Market Readiness

Kemitraan untuk Kesiapan Pasar atau Partnership for Market Readiness (PMR) merupakan forum diperuntukkan bagi aksi kolektif global dalam rangka peningkatan kapasitas mitigasi dan inovasi pendanaan perubahan iklim.

Penanganan perubahan iklim memerlukan kontribusi dari semua negara, tidak hanya negara maju. Komitmen baru yang diadopsi dari Perjanjian Paris (Paris Agreement) untuk membatasi kenaikan suhu bumi dibawah 2 derajat Celcius memerlukan suatu inovasi pendanaan. Inovasi ini perlu didorong karena sumber daya negara (public fund) saja diperkirakan tidak akan mencukupi dukungan pendanaan yang diperlukan dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

Kemitraan untuk Kesiapan Pasar (PMR) merupakan kemitraan global yang menyediakan dukungan keuangan dan teknis bagi negara-negara berpenghasilan menengah untuk membangun kapasitas maupun memberikan dukungan bagi pelaksanaan proyek-proyek percontohan instrumen berbasis pasar demi peningkatan kapasitas mitigasi perubahan iklim.

Dalam upaya tersebut PMR menyediakan platform untuk diskusi teknis dan berbagi pengetahuan tentang instrumen-instrumen pasar untuk mitigasi perubahan iklim seperti sistem perdagangan emisi maupun kredit karbon.

Kemitraan untuk Kesiapan Pasar atau Partnership for Market Readiness (PMR) diluncurkan pada tahun 2010 sebagai program peningkatan kapasitas untuk mendukung aksi mitigasi perubahan iklim negara berkembang melalui penggunaan efektif instrumen berbasis pasar.

Kemitraan untuk kesiapan pasar (PMR) bertujuan untuk:

  • Memberikan dana hibah membangun komponen kesiapan (readiness) yang mendukung penerapan instrumen carbon-pricing, termasuk pendekatan berbasis pasar;
  • Membuat Pilot untuk Instrumen Carbon-Pricing, misalnya melalui, sistem perdagangan emisi domestic (ETS), mekanisme scale-up crediting, atau pajak karbon;
  • Menyediakan platform jejaring untuk membangun diskusi dan inovasi kolektif, terutama inovasi instrumen carbon-pricing – khususnya pendekatan berbasis pasar yang baru
  • Menyusun dan menyebarkan-luaskan pengetahuan tentang instrumen carbon-pricing, khususnya pendekatan berbasis pasar yang bisa diterapkan sesuai dengan kondisi khusus di masing-masing negara;
  • Forum berbagi wawasan dan pembelajaran dengan masyarakat internasional, termasuk UNFCCC.

Kontribusi PMR untuk mendukung aksi mitigasi perubahan iklim.

  • Menempatkan pemain kunci pada meja yang sama
    Sebagai kemitraan global, PMR bekerja bersama para pemain kunci – negara, organisasi dan para ahli – untuk mencipta inovasi  instrumen pasar dan sistem perdagangan karbon sebagai upaya aksi mitigasi perubahan iklim. Lebih dari 30 negara, organisasi internasional dan para pakar duduk bersama dalam rangka pertukaran pengetahuan, memberikan dukungan teknis dan berbagi pengalaman yang relevan untuk meningkatkan kapasitas mitigasi perubahan iklim.
    .......
  • Merawat momentum aksi domestik
    Sekarang ini, semakin banyak jumlah negara berpenghasilan menengah yang memulai proses penentuan harga karbon dan inisitif inovasi pendanaan demi mengurangi emisi GRK secara lebih efektif. Setiap negara memiliki dinamika perkembangan kebijakan dan pilihan instrumen sendiri dalam mempersiapkan negaranya untuk menuju era pembangunan rendah karbon sesuai dengan keadaan dan prioritas pembangunanannya. PMR merupakan platform yang dirancang untuk dapat membantu setiap negara menyiapkan rekomendasi kebijakan yang sesuai beserta rencana aksi implementasinya dengan berfokus pada penyediaan dukungan teknis dan persiapan kelembagaan.
    .......
  • Menentukan harga karbon demi aksi mitigasi efektif
    Pemberian harga karbon melalui instrumen seperti perdagangan karbon dan pajak karbon dipandang efektif dalam upaya mengurangi emisi karbon. Berangkat dari alasan tersebut, sejumlah negara mulai untuk memadukan kebijakan pemberian harga karbon pada aksi strategis mitigasi perubahan iklim. PMR berkomitmen untuk membantu setiap negara dalam merancang dan mengimplementasi instrumen berbasis pasar termasuk didalamnya perdagangan emisi, pajak karbon, mekanisme kredit maupun offset.
    .......
  • Mendukung skenario Post-2020
    PMR mendukung upaya negara-negara untuk menetapkan skenario mitigasi post-2020 dan mengidentifikasi kebijakan yang efektif dan efisien – termasuk instrumen pemberian harga karbon dalam aksi mitigasi perubahan iklim. Sebagian besar dukungan merupakan fasilitasi dalam mempersiapkan komponen mitigasi dalam kontribusi nasional yang diniatkan (INDC) sesuai dengan proses UNFCCC.
    .......
  • Memperkenalkan praktik baik pada level level teknis
    PMR mendukung praktik baik dan memfasilitasi upaya untuk menetapkan standar dan pendekatan dalam mitigasi GRK. Sekretariat PMR mengambil pembelajaran utama dari pengalaman negara-negara, pemain industri global dan ahli untuk disarikan menjadi sumber pengetahuan terutama dalam merancang instrumen berbasis pasar.
    .......
  • Berbagi pengalaman dalam platform pertukaran pengetahuan.
    PMR menyediakan forum bagi negara-negara untuk berbagi pengetahuan teknis dan pengalaman. PMR menyediakan ruang bagi implementasi inovasi pendanaan dalam aksi mitigasi perubahan iklim termasuk didalamnya mengadakan rapat kemitraan, workshop hingga acara publik untuk meningkatkan kesadaran akan aksi mitigasi perubahan iklim
    .......