Tonggak Sejarah

Tonggak sejarah Partnership for Market Readiness Indonesia
Kemitraan untuk Kesiapan Pasar, atau Partnership for Market Readiness (PMR) diluncurkan sebagai inisiatif kemitraan global untuk meningkatkan kapasitas mitigasi dan inovasi pendanaan perubahan iklim pada tahun 2010. Sejak itu, rangkaian pertemuan tingkat tinggi telah dilakukan demi meningkatkan kesiapan pasar global untuk menerapkan instrument ber-basis pasar.

Pada tahun 2013, Indonesia telah mendapat alokasi hibah PMR sebesar USD. 3.000.000 untuk melaksanakan usulannya. Dinamika perjalanan PMR Indonesia tergambar secara lengkap pada grafik dibawah ini:

  • 2017Kick off meeting: Rapat koordinasi pelaksanaan program PMR Indonesia (1 maret 2017).
  • 2016United Nation Development Program (UNDP) ditunjuk sebagai mitra pelaksana kegiatan PMR Indonesia. Kegiatan PMR Indonesia diarahkan oleh Komite Pengarah dan Kelompok Kerja.
  • 2015Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ditunjuk sebagai koordinator program PMR Indonesia yang juga bertindak sebagai focal point untuk kegiatan program PMR Indonesia.
  • 2012 - 2013 Pengembangan proposal PMR Indonesia hingga akhirnya disetujui dan mendapatkan alokasi hibah PMR sebesar USD. 3.000.000 untuk melaksanakan usulannya. Dalam proposalnya, Indonesia berfokus pada sub sektor pembangkitan listrik dan industi lahap energi.
  • 2010PMR Global diluncurkan